Manfaat Charcoal untuk Kulit Sehat yang Jarang Diketahui

Charcoal di dalam dunia kecantikan memang belum sepopuler lidah buaya atau vitamin C, tapi semakin berkembangnya temuan-temuan baru, kini manfaat charcoal untuk kulit semakin dilirik. Kamu perlu tahu juga nih, biar ga ketinggalan update terbaru dunia kecantikan.

Kenapa Belakangan Ini Charcoal Mulai Bermunculan Sebagai Bahan Kosmetik?

Charcoal dalam bahasa Indonesia artinya adalah olahan arang yang umumnya berasal dari kayu atau bambu bakar. Arang dari kayu tersebut akan dipanaskan dengan suhu tinggi untuk menghasilkan arang aktif.

Ekstrak arang aktif lazimnya berupa bubuk halus berwarna hitam yang dapat dicampurkan dengan beragam produk kecantikan. Ekstrak tersebut juga dapat digunakan sebagai perawatan rumahan yang diracik sendiri sebagai campuran masker, sabun atau Lotion.

Poin utama dari Charcoal adalah kekuatan daya serapnya untuk menarik noda, bakteri dan kotoran dari dalam pori. Karena kemampuan itulah, arang aktif sangat efektif sebagai perawatan detoksifikasi atau membuang racun dari kulit.

Saking efektifnya, bubuk arang aktif bahkan dapat dikonsumsi untuk membuang racun dari dalam sistem pencernaan manusia. 

Apa Saja Manfaat Charcoal Untuk Kulit?

Inilah manfaat Charcoal untuk kulit yang telah terbukti secara ilmiah:

1. Mengecilkan pori

Setiap hari, polusi dan paparan dari luar membuat pori mengakumulasi kotoran dan bakteri, itulah kenapa pori terlihat lebih besar. Arang aktif dapat menyerap dan membuang akumulasi tersebut dari dalam pori. Itulah kenapa ukurannya dapat kembali normal dan terlihat lebih mulus.

2. Menyeimbangkan kadar minyak kulit

Arang aktif juga dapat menyerap kelebihan minyak pada permukaan kulit. Namun perlu diperhatikan, pada kondisi tipe kulit kering, tak perlu menggunakan arang aktif karena justru dapat membuat kulit kehilangan kelembaban alami.

3. Menyembuhkan jerawat dengan cepat

Arang aktif dapat digunakan juga untuk menyerap racun dan bakteri penyebab jerawat dari dalam folikel. Tapi, kalau kamu bertipe kulit kering, cukup gunakan arang aktif sebagai Spot Treatment saja, tak perlu dioleskan ke seluruh wajah.

4. Memurnikan kondisi kulit

Pada tipe kulit normal dan berminyak, arang aktif sangat bermanfaat untuk kembali memurnikan kulit ke kondisi prima, apalagi ketika kamu punya kesibukan dan mobilitas tinggi. Kamu bisa menggunakan sabun atau masker Charcoal untuk detoksifikasi rutin.

5. Meredakan iritasi, kemerahan dan bekas gigitan serangga

Kalau kulit sedang meradang karena kena gigitan, sengatan serangga atau terluka karena terkena benda tajam, kamu dapat menggunakan arang aktif dalam bentuk pasta, lalu dioleskan ke kulit untuk menenangkan peradangan. 

Arang aktif akan menyerap racun dan molekul asing dari dalam pori, sehingga efektif mengurangi peradangan dan mempercepat proses pemulihan luka

6. Membersihkan kulit kepala

Kulit kepala sering terasa berminyak dan berketombe? Atau rambut terasa kusam dan lepek? Kamu bisa menggunakan shampo atau pasta arang aktif untuk membersihkan kulit kepala dari kelebihan minyak, ketombe dan kuman/bakteri sampai tuntas.

Rambut akan terlihat lebih bersih, mudah diatur dan mengembang setelah menggunakan shampo arang aktif.

Bagaimana Cara Memanfaatkan Charcoal Untuk kulit?

Kalau kamu tertarik untuk menggunakan arang aktif sebagai perawatan kulit sehari-hari, kamu bisa mencoba beberapa tips berikut di rumah:

1. Pasta Oles

Aplikasi paling sederhana untuk memanfaatkan Charcoal. Cukup campurkan bubuk arang aktif dengan sedikit air, lalu aduk hingga rata. Oleskan ke daerah kulit yang bermasalah seperti: jerawat, iritasi, digigit serangga atau kulit kepala.

2. Masker Wajah

  • Campurkan 0.2 gram bubuk arang aktif dengan ½ sdt bentonite clay
  • Larutkan dengan  1 ½ sdt air
  • Oleskan ke permukaan wajah, lalu bilas sampai bersih

3. Shampo

  • Campurkan 1 ½ sendok makan arang aktif dengan 1 cup castile soap cair
  • Larutkan dengan ¼ cup air terfilter
  • Beberapa tetes tea tree oil untuk anti-ketombe
  • Campurkan larutan sampai rata lalu tuangkan di botol shampo bersih

4. Sabun cair

  • Campurkan 2 sdt bubuk arang aktif dengan 100ml base sabun cair (glycerin)
  • Larutkan dengan 2 cup air terfilter
  • Teteskan tea tree essential oil, atau essential oil lain sesuai selera
  • Campurkan larutan sampai rata lalu tuangkan di botol sabun cair dengan pompa.

Rekomendasi Produk

Cari produk praktis dengan bahan dasar Charcoal? Atau malas bikin DIY-nya sendiri tapi pingin merasakan manfaatnya juga? Ada nih produk rekomendasinya.

Gluserent Charcoal Soap adalah salah satu pilihan terbaik sebagai produk perawatan kulit dengan bahan arang aktif. Formulasinya lembut dan mudah diaplikasikan ke kulit sebagai sabun kotak.

Selain mengandung manfaat charcoal untuk kulit, Gluserent Charcoal Soap juga dilengkapi dengan ekstrak vitamin C, Collagen, Aloe vera dan Hyaluronic Acid untuk mencerahkan kulit dari dalam pori secara efektif.

Kamu bisa merasakan bedanya dalam waktu relatif singkat, kulit akan terasa lebih mulus, bebas jerawat dan cerah merona dengan pemakaian rutin Gluserent Charcoal Soap. Tertarik untuk membeli? Klik di sini untuk belanja di Shopee official

Kesimpulan

Manfaat arang aktif untuk kulit memang cukup beragam, mulai dari menyerap minyak berlebih, hingga mempercepat regenerasi sel kulit. Karena efektifitas tinggi, arang aktif mulai menjadi bahan yang populer digunakan pada beragam produk kecantikan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *