Kenapa Kulit Area Selangkangan Cenderung Menggelap?

Kulit area selangkangan cenderung gelap sebenarnya adalah hal lumrah, apapun tipe kulit atau warna asli kulit, siapa saja bisa mengalaminya. Yang menjadi masalah adalah ketika hubungan pasangan suami/istrimu terganggu karena kulit selangkangan menggelap.

Nah supaya kamu bisa mengatasinya, baca artikel ini sampai selesai untuk menentukan perawatan yang tepat.

Kenapa Kulit Selangkangan Menggelap?

Kulit selangkangan menggelap itu karena sel melanosit dalam jaringan kulit menghasilkan melanin sebagai reaksi dari berbagai faktor:

1. Terkena paparan radiasi UV (matahari)

Kulit menggelap seringkali karena paparan sinar matahari dalam jangka panjang. Jika Anda sering menggunakan celana pendek ke pantai atau gunung, itulah faktor utama yang menyebabkan kulit selangkangan menggelap.

2. Diabetes Mellitus

Penyakit gula darah juga dapat menyebabkan meningkatnya produksi melanin pada kulit. Tidak hanya pada selangkangan, tapi juga pada lipatan-lipatan kulit seperti leher, lengan dan pinggang.

3. Kulit kekurangan kelembaban

Kulit yang mengalami dehidrasi akan menghasilkan melanin untuk melindungi sel dari kerusakan lebih parah.

4. Perubahan keseimbangan hormon

Pada saat wanita mengandung, keseimbangan hormon berubah sehingga menyebabkan daerah-daerah tertentu pada kulit wajah, dan selangkangan menggelap. Gejala ini juga dikenal sebagai melasma.

5. Gesekan dari pakaian ketat (keratinisasi)

pakaian ketat

Pakaian atau celana dalam yang ketat membuat kulit terus mengalami gesekan, sehingga jaringan kulit mengalami proses penebalan (keratinisasi) untuk melindungi diri, proses penebalan tersebut juga seringkali ditumpangi oleh melanin yang mengakibatkan kulit selangkangan menggelap

Perlu dicatat, kulit selangkangan menggelap itu sebenarnya bukanlah kondisi kesehatan yang buruk atau indikasi penyakit, justru sebaliknya, pigmentasi adalah proses alami untuk melindungi tubuh dari pengaruh buruk radiasi UV dan radikal bebas. 

Bagaimana Cara Memutihkan Selangkangan Menggelap?

Kalau kamu ingin memutihkan selangkangan karena alasan estetik, inilah metode-metode yang perlu kamu coba:

1. Eksfoliasi

gula sebagai eksfoliator

Eksfoliasi berguna untuk mengangkat sel kulit mati dan mengikis lapisan keratin (penebalan kulit) dari lapisan terluar kulit. Eksfoliator umumnya dikategorikan dalam 2 kelas, kelas eksfoliator mekanis seperti scrub, partikel gula dan kopi, atau kelas eksfoliator kimiawi seperti Salicylic Acid (BHA), Glycolic Acid (AHA), dsb.

2. Pemutih

Menggunakan pemutih alami seperti irisan kentang dan soda kue (baking soda) dapat membantu mencerahkan kulit selangkangan, tapi berhati-hatilah dalam menggunakannya karena kemungkinan dapat menyebabkan iritasi.

Kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter kulit untuk menggunakan Hydroquinone atau Retinoids untuk memutihkan selangkangan, tapi perlu diingat penggunaan kedua agen kimia tersebut hanya boleh ditangani oleh dokter kulit saja, bukan terapis atau pihak ketiga lainnya.

3. Laser Treatment

Laser dapat secara efektif memudarkan lapisan kulit yang telah menggelap. Tapi metode ini umumnya cukup mahal dan hanya boleh diadministrasikan oleh institusi bersertifikat IDI (Ikatan Dokter Indonesia)

Rekomendasi Produk untuk Memutihkan Selangkangan Menggelap

Ingin mencerahkan kulit selangkangan menggelap dengan aman dan harga terjangkau? Ini dia rekomendasi produknya:

peeling untuk mencerahkan kulit selangkangan menggelap

Gluserent Beauty Peeling Spray secara efektif mengangkat lapisan sel kulit mati dan keratin, sehingga kulit selangkangan akan menjadi lebih cerah secara bertahap. Peeling Spray ini juga diformulasikan dengan Alpha-arbutin, Kojic Acid, serta Collagen untuk mencerahkan kulit secara alami. Klik disini untuk pembelian

Hasilnya dapat mulai kamu rasakan dari pemakaian pertama, loh, cobain deh!

Kesimpulan

Kulit selangkangan menggelap sebenarnya bukanlah indikasi kesehatan buruk, melainkan reaksi dari aktivitas harian. Namun, jika kamu ingin memutihkannya karena alasan estetik, kamu bisa menggunakan beragam metode, mulai dari cara alami sampai perawatan ke klinik.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *